BLANTERVIO103

Jayanta Mahapatra

Jayanta Mahapatra
9/22/2019
Jayanta Mahapatra


Jayanta Mahapatra

SASTRADUNIA.COM | Jayanta Mahapatra lahir 22 Oktober 1928, di Cuttack, Orissa, India. Dia dikenal sebagai penyair, cerpenis, jurnalis, dan editor. Dia telah menulis lebih dari 27 buku puisi. Salah satu bukunya yang paling terkenal Relationships memenangkan penghargaan Sahitya Akademi tahun 1981 sekaligus mendudukkan  Jayanta Mahapatra sebagai penyair India pertama yang meraih penghargaan tersebut.


Dia sendiri, tercatat sebagai penyair India yang lebih banyak menulis dalam bahasa Inggris. Menurut Sapardi, sastra India masa kini memang banyak ditulis dalam berbagai bahasa seperti Urdu, Tamil, Oriya, dan Malayalam. Di samping sastra yang berbahasa nasional tersebut, berkambang pula sastra yang ditulis dalam Bahasa Inggris, yang menduduki tempat penting tidak saja dalam perkembangan sastra India, tetapi juga dalam perkembangan sastra berbahasa Inggris pada umumnya. 


Buku lain yang sudah pernah diterbitkan adalah Close the Sky Ten by Ten (1971), Svayamvara and Other Poems (1971), A Father's Hours, Delhi (1976), A Rain of Rites (1976), Waiting (1979, The False Start (1980), dan lainnya. Kepenyairan Jayanta telah dikenal di dunia internasional sehingga ia sering pergi ke berbagai tempat untuk konferensi, membaca puisi, atau tinggal di suatu tempat untuk menjadi konsul tan atau pengajar. Sajak-sajak Jayanta diterbitkan tidak hanya di India, tetapi terutama di Amerika dan Inggris. Puisi-puisinya banyak menghiasi majalah Libetry. Hudson. Review, Kenyon Reveiw, Chicago Review, Times Literary Supplement, Westerly, dan Guest


Ia pun, beberapa kali meraih hadiah internasional seperti Inrernarional Who's Whoin Poetry (1970), National Academy of Letters Award (1981), Memorial Jacob Glatstein, Chicago, The Sewanee Review, Sewanee, Amerika Serikat (2009), SAARC Literary Award, New Delhi (2009), Anugerah Padma Shri, India (2009), dan dua kali mendapatkan doktor kehormatan dari Ravenshaw University (2009), dan dari Universitas Utkal, Odisha (2006).


Pada bulan Juni 1988, Jayanta pernah mampir di Jakarta dalam rangka perlawatannya ke berbagai pertemuan di Asia Tenggara. Ia sempat memberi ceramah dan membaca puisi di Fakultas Sastra UI, di samping bertemu dengan beberapa penyair Indonesia yang pernah ditemuinya dalam beberapa pertemuan penyair internasional.


-Penulis: Sofyan RH. Zaid
MARI BERBAGI:
Editor

TAMBAHKAN KOMENTAR

5700840368070671462