BLANTERVIO103

Hans Magnus Enzensberger (1929 - )

Hans Magnus Enzensberger (1929 - )
3/07/2020
Hans Magnus Enzensberger (1929 - )


SASTRADUNIA.COM | Hans Enzensberger adalah penerjemah, editor, penulis, dan penyair Jerman. Dilahirkan di Bavaria, 11 November 1929, dia baru berusia 15 tahun ketika Reich Ketiga runtuh. Setelah mempelajari sastra, filsafat, dan bahasa Jerman di universitas-universitas Erlangen, Freiburg, dan Hamburg, Enzensberger meraih gelar doktor di Sorbonne di Paris.

Enzensberger menulis dalam bahasa Inggris dan Jerman. Dia juga menulis dengan nama pena Andreas Thalmayr. Karya-karyanya telah diterjemahkan ke lebih dari 40 bahasa. Selain novel, ia telah menulis lebih dari lima volume puisi, termasuk koleksi untuk anak-anak. Penyair Charles Simic, yang dikutip dalam Guardian , memuji ruang lingkup besar tulisan Enzensberger: “Dia (HE), memiliki jangkauan subjek terbanyak, menggunakan berbagai gaya.… Hampir setiap puisinya, baik lirik, dramatis atau narasi, memiliki kualitas polemik. "

Berbagai penghargaan dan penghargaannya termasuk Hadiah Georg Büchner, Hadiah Heinrich-Böll, dan Penghargaan Pangeran Asturias tahun 2002 untuk Komunikasi dan Humaniora. 

Enzensberger juga merupakan penggagas dan terlibat dalam pembuatan mesin yang dapat mengkomposisi puisi secara otomatis. Alat tersebut digunakan pada Piala Dunia 2006 untuk mengomentari pertandingan sepak bola.

Pada tahun 2009, ia menerima Penghargaan Pengakuan Seumur Hidup Griffin. Penyair dan wali Griffin, Carolyn Forché, mencatat ketepatan diksi dan gaya Enzensberger, menggambarkannya sebagai "hidup dan berlimpah-limpah."

Enzensberger telah menjadi editor seri buku Die Andere Bibliothek sejak 1985. Di usianya yang ke-90 ini, ia masih aktif berkiprah sehingga layak disebut sebagai penyair Jerman terbesar masa kini. Enzensberger tinggal di Munich.
MARI BERBAGI:
Editor

TAMBAHKAN KOMENTAR

5700840368070671462